Pengaruh Job Demand dan Job Resources terhadap Workengagement pendidik dan tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut

Permana, Moch Andi (2025) Pengaruh Job Demand dan Job Resources terhadap Workengagement pendidik dan tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER (2).pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT BEBAS PLAGIASI)
3_SURAT BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_ DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_ BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

Tuntutan pekerjaan dan sumber daya pekerjaan memiliki pengaruh besar terhadap tingkat keterlibatan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pekerjaan mereka. Penyediaan sumber daya yang memadai dan pengelolaan tuntutan pekerjaan yang baik dapat membantu meningkatkan work engagement (keterlibatan kerja) dan mengurangi potensi dampak negatif dari stres dan kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh job demand terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut. 2) Pengaruh job resources terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut. 3) Pengaruh job demand dan job resources terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut. Teori yang digunakan untuk variabel job demand adalah teori Bakker terdiri dari work overload, emotional demand dan work home conflict. Variabel job resources menggunakan teori Bakker terdiri dari otonomi (autonomy), kemungkinan pengembangan (possibilities for development) dan dukungan sosial (sosial support). Variabel work engagement menggunakan teori Schaufeli dan Bakker yang terdiri dari energik (vigor), dedikasi (dedication), dan kognitif (absorption). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sebanyak 122 orang yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan di MAN plus keterampilan se-Kabupaten Garut. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian dianalisis secara statistik, dimulai dengan uji validitas dan reliabilitas, kemudian uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang mencakup analisis regresi sederhana, regresi berganda, serta uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) job demand berpengaruh secara signifikan terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut, pengaruhnya sebesar 62,6%. 2) job resources berpengaruh secara signifikan terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut, pengaruhnya sebesar 77,5%. 3) job demand dan job resources berpengaruh secara signifikan terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Plus Keterampilan se-Kabupaten Garut, pengaruhnya sebesar 71,8%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka ditarik kesimpulan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Implikasi dari penelitian ini yaitu pengaruh job demand dan job resources terhadap work engagement pendidik dan tenaga kependidikan sangat besar, di mana sumber daya kerja yang memadai dapat mengurangi dampak negatif dari tuntutan pekerjaan yang tinggi. Institusi pendidikan harus berusaha menjaga keseimbangan antara tuntutan pekerjaan dan sumber daya yang tersedia untuk memastikan pendidiktetap terlibat dan termotivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Job Demand; Job Resources; Work Engagement; Pendidik; Tenaga Kependidikan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moch Andi Permana
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:41
Last Modified: 07 Nov 2025 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125159

Actions (login required)

View Item View Item