Suryanto, Candra (2025) Makna lafadz "Adzikru" serta derivasinya dalam Al-Qur'anul Karim: Studi analisis semantik dan nilai-nilai pendidikannya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas makna lafadz “adz-dzikr” dan derivasi katanya dalam Al-Qur’an melalui analisis semantik serta nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pemahaman makna kata dalam Al-Qur’an secara mendalam agar tidak terjadi kesalahan tafsir, khususnya kata dzikr yang memiliki frekuensi tinggi dan makna beragam dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ayat-ayat dan surah yang memuat lafadz dzikr, mengidentifikasi bentuk-bentuk kata tersebut dan derivasi katanya, menganalisis makna leksikal dan kontekstualnya, serta menggali nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semantik. Sumber data primer penelitian ini meliputi ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung lafadz dzikr, kitab-kitab tafsir klasik seperti Tafsir al-Tabari (Jāmi‘ al-Bayān), Tafsir Ibn Katsir, Tafsir al-Qurtubi (al-Jāmi‘ li Aḥkām al-Qur’ān), Tafsir al-Baghawi (Ma‘ālim al-Tanzīl), dan Tafsir Fakhr al-Rāzi (al-Tafsīr al-Kabīr), serta kamus-kamus bahasa Arab seperti Lisān al-‘Arab, Mu‘jam Maqāyīs al-Lughah, dan al-Mu‘jam al-Wasīṭ. Data sekunder diperoleh dari literatur linguistik Arab, buku-buku semantik, dan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lafadz dzikr dan derivasi katanya terdapat sebanyak 285 kali dalam 71 surah dan 261 ayat dengan variasi bentuk berupa isim, fi’il, dan masdar. Secara leksikal, kata dzikr berarti mengingat, menyebut, dan mengingatkan, sedangkan secara kontekstual kata ini mengandung makna yang lebih luas seperti Al-Qur’an sebagai wahyu, ibadah dzikir, peringatan, dan ilmu pengetahuan. Selain itu, penelitian ini menemukan nilai-nilai pendidikan yang mencakup nilai aqidah untuk memperkuat iman, nilai ibadah untuk membiasakan dzikir, dan nilai akhlak untuk membentuk karakter yang baik. Dengan demikian, makna dzikr dalam Al-Qur’an tidak hanya terbatas pada ucapan verbal, tetapi juga mencakup pembentukan spiritual, intelektual, dan moral yang integral dalam pendidikan Islam.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | dzikr; analisis semantik; nilai pendidikan; Al-Qur’an |
| Subjects: | Arabic Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education, Research of Language, Related Topics of Language |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Suryanto Candra |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:41 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 07:41 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



