Putri, Shabrina Eka (2025) Penerapan model pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (HASIL CEK PLAGIARISME)
3_hasil cek plagiarisme.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan numerasi dan self concept menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik ketika belajar matematika. Model pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui penerapan model pembelajaran ALBICI dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik; Mengetahui peningkatan dan pencapaian kemampuan numerasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan Mengetahui peningkatan self concept peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII di salah satu SMP di Bandung Barat menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model pembelajaran ALBICI dikategorikan baik; Peningkatan dan pencapaian kemampuan numerasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan Peningkatan self concept peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction; Kemampuan Numerasi; Self Concept |
| Subjects: | Education > General Publications of Education Education > Research and Statistical Methods |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Shabrina Eka Putri |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:49 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:49 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



