Penerapan model pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik

Putri, Shabrina Eka (2025) Penerapan model pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HASIL CEK PLAGIARISME)
3_hasil cek plagiarisme.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan numerasi dan self concept menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik ketika belajar matematika. Model pembelajaran Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui penerapan model pembelajaran ALBICI dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan self concept peserta didik; Mengetahui peningkatan dan pencapaian kemampuan numerasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan Mengetahui peningkatan self concept peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII di salah satu SMP di Bandung Barat menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model pembelajaran ALBICI dikategorikan baik; Peningkatan dan pencapaian kemampuan numerasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan Peningkatan self concept peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ALBICI lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction; Kemampuan Numerasi; Self Concept
Subjects: Education > General Publications of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Shabrina Eka Putri
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:49
Last Modified: 12 Dec 2025 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126635

Actions (login required)

View Item View Item