Miyasi, Dasem (2022) Manajemen strategi peningkatan kompetensi lulusan di Madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertimbangan rendahnya kualitas lulusan Pendidikan di Indonesia yang berpengaruh pada rendahnya tingkat kepercayaan terhadap kemampuan penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi manajemen strategi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor. Beberapa hal yang diidentifikasi sesuai dengan rumusan yang telah ditentukan, sehingga tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan yang sudah diformulasikan seuai dengan teori yang digunakan. Adapun dalam proses manajemen strategi yang diidentifikasi disini meliputi perumusan strategi, pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi peningkatan kompetensi lulusan di Madrasah. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, lalu penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian manajemen strategi peningkatan kompetensi lulusan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor menunjukkan bahwa Perumusan strategi peningkatan kompetensi lulusan tidak terlepas pada visi yang dimiliki oleh Madrasah yakni “Terwujudnya Generasi Islami yang Unggul dan Berdaya Saing dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kuat dalam Aqidah dan Berakhlak Mulia”, perumusan peluang dan ancaman eksternal, kekuatan dan kelemahan internal, perumusan tujuan dan strategi peningkatan kompetensi lulusan di madrasah. Kemudian pada tahap pelaksanaan dilakukan oleh sumber daya yang sesuai dengan keahliannya untuk pproses pembelajaran dan pengembangan diri yang terbagi pada 4 (empat) kegiatan yakni kegiatan layanan bimbingan konseling, ekstrakurikuler, kegiatan binaan prestasi dan program pembiasaan. Terakhir pada tahap evaluasi dilakukan pada saat rapat pimpinan meliputi evaluasi faktor eksternal internal madrasah dan evaluasi kinerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Strategi; Madrasah. |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dasem Miyasi |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:58 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66406 |
Actions (login required)
View Item |