Penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan argumentasi pada materi ekosistem

Solihah, Jamilah (2023) Penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan argumentasi pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan argumentasi merupakan keterampilan yang dapat mendorong siswa untuk memberikan fakta, data dan teori yang sesuai dalam mendukung klaim terhadap permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan argumentasi siswa setelah penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada materi Ekosistem. Peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat pre-experimental Design serta menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yaitu kuantitatif yang menekankan pada analisis data numerical (angka) serta data penelitian ini didapatkan berdasarkan analisis pretest dan posttest sedangkan kualitatif digunakan sebagai data pelengkap melalui hasil observasi dan angket. Hasil penelitian menjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write terlaksana dengan sangat baik yaitu pada guru sebesar 100% dan siswa 96,7%. Hasil analisis dari keterampilan argumentasi siswa dilakukan menggunakan uji N-Gain yang diperoleh 0,55 dengan kategori sedang. Siswa memberikan respon yang baik yaitu sebesar 71% terhadap proses penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada materi ekosistem. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat membantu meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Argumentasi; Materi Ekosistem; Model Pembelajaran; Think Talk Write;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Jamilah Solihah Rahmat
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:30
Last Modified: 24 Aug 2023 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72882

Actions (login required)

View Item View Item