Penerapan metode pembelajaran Rolling Question untuk meningkatkan kemamampuan berpikir kritis matematis siswa

Permata, Adinda (2023) Penerapan metode pembelajaran Rolling Question untuk meningkatkan kemamampuan berpikir kritis matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih perlu ditingkatkan, salah satu cara untuk meningkatkannya digunakan metode pembelajaran Rolling Question. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis yang menggunakan metode pembelajaran Rolling Question lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; sikap siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Rolling Question. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan The Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cileunyi tahun ajaran 2023/2024, pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-K sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-H sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang digunakan yaitu tes (tes kemampuan berpikir kritis matematis seperti: pretest dan posttest) dan non tes (lembar angket skala sikap siswa). Hasil penelitian sebagai berikut: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan metode Rolling Question lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; sikap siswa pada pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Rolling Question menunjukkan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Metode Rolling Question; Sikap Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Adinda Permata
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:08
Last Modified: 07 Nov 2023 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81611

Actions (login required)

View Item View Item