Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Current Ratio (CR) terhadap harga saham pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di Pt. Kalbe Farma Tbk. periode 2013-2022

Wijaya, Andi (2024) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Current Ratio (CR) terhadap harga saham pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di Pt. Kalbe Farma Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Saham merupakan tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan. Bagi perusahaan penerbit saham, saham akan meningkatkan nilai ekuitas perusahaan sehingga perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai sarana memperoleh pendanaan. Harga saham suatu perusahaan menjadi tolak ukur investor untuk menanamkan sahamnya. Maka dari itu, strategi perusahaan diperlukan untuk mengatasi faktor-faktor yang diasumsikan dapat mempengaruhi harga saham, beberapa di antaranya adalah Gross Profit Margin (GPM) dan Current Ratio (CR). Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu guna mengetahui serta menganalisis seberapa besar pengaruh secara parsial dari Gross profit Margin (GPM) terhadap harga saham pada PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2013-2022, pengaruh secara parsial dari Current Ratio (CR) terhadap harga saham pada PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2013-2022, serta pengaruh secara simultan dari Gross Profit Margin (GPM) dan Current Ratio (CR) terhadap harga saham pada PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2013-2022. Pada penelitian ini digunakan teori sinyal (signal theory) dimana tindakan yang diambil manajemen perusahaan akan berperan sebagai sinyal atau petunjuk bagi investor tentang bagaimana manjemen memandang prospek perusahaan. Perusahaan bisa menerapkan teori ini dengan memberikan sinyal pada pihak luar, salah satunya yaitu berupa informasi keuangan yang dapat dipercaya dan akan mengurangi ketidakpastian mengenai prospek perusahaan yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan dalam situs web resmi perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil thitung<ttabel (-1,709 < 2,306) serta nilai koefisien determinasi sebesar 26,8%. Sedangkan secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil thitung<ttabel (0,518 < 2,306) serta nilai koefisien determinasi sebesar 3,2%. Kemudian secara simultan Gross Profit Margin (GPM) dan Current Ratio (CR) berpengaruh masing-masing negatif dan positif tidak signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil Fhitung<Ftabel (1,32 < 4,74) serta nilai koefisien determinasi sebesar 27,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin; Current Ratio; Harga Saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:41
Last Modified: 02 Jul 2024 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89616

Actions (login required)

View Item View Item