Evaluasi penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM): Penelitian pada Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Cirebon

Muslikhin, Muslikhin (2024) Evaluasi penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM): Penelitian pada Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Cirebon. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Baandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Cirebon dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). SIMPATIKA mengatur pemberian tunjangan profesi bagi guru non-PNS, pentingnya pengelolaan data guru yang efisien dan terintegrasi, Monitoring dan Evaluasi serta pengembangan profesi guru menjadi fokus utama dalam meningkatkan kesejahteraan guru dan mutu pendidikan nasional. Namun terjadi kesenjangan diantaranya: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2017 mewajibkan pengelolaan data pendidik dan tenaga kependidikan oleh individu masing-masing, namun di lapangan, masih banyak yang membebankan tugas ini kepada operator atau staf Tata Usaha (TU). Kedua, Peraturan Menteri Keuangan No. 164/PMK.05l/2010 menjadi pedoman pembayaran tunjangan profesi guru dan dosen, menekankan privasi pembayaran. Namun, terdapat kesenjangan antara dukungan regulasi dan realisasi di lapangan, terutama dalam hal kelayakan teknis dan penerimaan pengguna. Ketiga, Penelitian oleh Johnson et al. menyoroti pentingnya sistem informasi terintegrasi dalam mendukung pengelolaan data pendidikan. Namun, keterbatasan akses teknologi, keterampilan pengguna, dan resistensi terhadap perubahan sering mengurangi efektivitas implementasi teknologi seperti SIMPATIKA. Metode penelitian ini mengadaptasi pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto, dengan pengumpulan data melalui kuisioner dan analisis data menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian mengungkapkan Dukungan manajemen (MS) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan (PU) dengan nilai pengaruh 0.84 (p-value 0.000) dan juga terhadap penggunaan nyata (AU) dengan nilai pengaruh 0.399 (p-value 0.000). Pengalaman pengguna (EX) dan pelatihan (TR) berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan penggunaan (PEOU) dengan nilai pengaruh masing-masing 0.166 (p-value 0.000) dan 0.694 (p-value 0.000). Persepsi kegunaan (PU) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan (ATU) dan minat penggunaan (BITU) dengan nilai pengaruh masing-masing 0.734 (p-value 0.000) dan 0.482 (p-value 0.000). Namun, tidak ditemukan pengaruh signifikan antara persepsi kemudahan penggunaan (PEOU) dengan persepsi kegunaan (PU) (nilai pengaruh 0.048, t-statistic 0.486, p-value 0.627). Meskipun demikian, PEOU memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan (ATU) (nilai pengaruh 0.231 dan p-value 0.011). Selain itu, sikap penggunaan (ATU) juga berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan (BITU) (nilai pengaruh 0.402 dan p-value 0.000), dan minat penggunaan (BITU) memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan nyata (AU) (nilai pengaruh 0.546 dan p-value 0.000). Temuan ini memberikan wawasan yang penting tentang faktor-faktor yang memengaruhi adopsi dan penggunaan teknologi di organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Sistem Informasi; Tchhnology Acceptance Model; Dukungan Manajemen; Persepsi Kegunaan teknologi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Education > Organization of Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management > Education, Research of Management
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
General Management > Control and Quality Management
General Management > Information Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muslikhin -
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:18
Last Modified: 24 Jul 2024 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92043

Actions (login required)

View Item View Item