Tanggapan siswa dalam penggunaan media pembelajaran Whatsaap Group terhadap motivasi belajar

Nurjanah, Siti (2024) Tanggapan siswa dalam penggunaan media pembelajaran Whatsaap Group terhadap motivasi belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
coverfix.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrakfix.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftarisifix.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab I fix.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab V fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka dan Lampiran fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN 1 Margamulya Cikajang Kabupaten Garut guru Pendidikan Agama Islam sudah menggunakan Media belajar Whatsapp Group dikarenakan situasi Covid 19. Akan tetapi di lapangan penulis melihat masalah yang timbul terhadap motivasi belajar siswa dalam penggunaan media belajar Whatsapp Group yang berpengaruh terhadap Ketekunan dalam belajar, Keuletan dalam menghadapi kesulitan, Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar, prestasi dalam belajar dan Kemandirian dalam belajar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui tanggapan siswa dalam penggunaan media pembelajaran Whatsapp Group di SDN 1 Margamulya-Cikajang Kabupaten Garut, 2) Untuk mengetahui motivasi siswa belajar di SDN 1 Margamulya-Cikajang Kabupaten Garut dan 3) Untuk mengetahui hubungan Tanggapan siswa dalam penggunaan media pembelajaran Whatsapp Group terhadap motivasi belajar mereka di SDN 1 Margamulya-Cikajang Kabupaten Garut. Penelitian ini berfokus pada hubungan antara tanggapan siswa terhadap media pembelajaran WhatsApp Group dan motivasi belajar siswa di SDN 1 Margamulya, Cikajang, Kabupaten Garut. Berdasarkan asumsi bahwa tanggapan positif terhadap media pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar, penelitian ini menguji hipotesis bahwa semakin tinggi tanggapan siswa terhadap WhatsApp Group, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode assosiatif korelasi. 2) Responden 30 orang siswa kelas VI SDN 1 Margamulya. 3) Teknik pengumpulan data; observasi, angket atau kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. 4) Analisis data penelitian menggunakan analisis parsial dan korelasional. Hasil analisis menunjukan 1) Tanggapan Siswa dalam Penggunaan Media Pembelajaran Whatsapp Group termasuk dalam kategori Sedang dengan hasil dari analisis kuisioner yang dilakukan sebesar 2,88 2) Motivasi Belajar Siswa termasuk dalam kategori Sedang dengan hasil dari analisis kuisioner yang dilakukan sebesar 2,73. 3) Hubungan Tanggapan Siswa dalam Penggunaan Media Pembelajaran Whatsapp Group terhadap Motivasi Belajar pada siswa kelas VI SDN 1 Margamulya berkategori sedang karena Berdasarkan koefisien korelasi adalah 0,51. Hasil uji t yang dilakukan diperoleh thitung (3.13) dan ttabel (2.76). Maka berdasarkan dari perhitungan yang sudah dilakukan dinyatakan bahwa Thitung (3.13) ≥ Ttabel (2.76). Berdasarkan hipotesis yang diterima adalah terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara Tanggapan Siswa dalam Penggunaan Media Pembelajaran Whatsapp Group memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas VI SDN 1 Margamulya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Media Whatsapp Grop; Motivasi Belajar
Subjects: Education, Research
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurjanah Siti
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:21
Last Modified: 08 Sep 2024 14:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95941

Actions (login required)

View Item View Item