Penerapan metode Joyfull Learning berbasis Ice Breaking untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Fahlefi, Reza (2024) Penerapan metode Joyfull Learning berbasis Ice Breaking untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Hal ini disebabkan kurangnya guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran. Menurut fenomena atau gejala tersebut menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dan menurunkan keinginan siswa untuk belajar karena guru kurang menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan Mertoder Joyfull Lerarning Berrbasis Ice Breaking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Motivasi berlajar siswa seterlah mernggurnakan Pernerrapan mertoder Joyfull Lerarning berrbasis Ice Breaking. 3) Perngarurh Pernerrapan Mertoder Joyfull Lerarning berrbasis Ice Breaking urnturk merningkatkan motivasi berlajar siswa. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dapat ditingkatkan melalui berbagai penerapan metode. Antara lain Metode Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih. Oleh karna itu hipotesis yang diajukan adalah Penerapan Mertoder Joyfull Lerarning Berrbasis Ice Breaking dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Quasi Experiment. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan lembar tes (pre-test dan post-test) terhadap kegiatan siswa. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan Metode Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking terlaksana dengan baik. 2) Motivasi berlajar siswa meningkat seterlah mernggurnakan Joyfull Lerarning Berrbasis Ice Breaking. Dapat dilihat dari nilai posttest sebesar 84,4 dan rata-rata nilai pretest sebesar 62,5. 3) Penerapan Metode Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,603 yang termasuk dalam peningkatan kategori sedang. Dengan demikian bahwa Penerapan Metode Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Motivasi Belajar; Joyfull Learning; Ice Breaking
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Fahlefi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:38
Last Modified: 12 Sep 2024 08:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97205

Actions (login required)

View Item View Item