Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Qiraah dan Tarkib : Penelitian pada siswa kelas IX SMP IT Sahabat Alam Pelabuhanratu Sukabumi

Fajri, Siti Hafsari Nurul (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Qiraah dan Tarkib : Penelitian pada siswa kelas IX SMP IT Sahabat Alam Pelabuhanratu Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat karya sendiri (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah sering kali dianggap sulit dan menakutkan oleh banyak siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan kosa kata, kemampuan membaca, dan keterampilan komunikasi dalam bahasa Arab, ditambah dengan latar belakang siswa yang beragam. Faktor-faktor tersebut menjadi penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa, terutama pada materi Qira’ah dan Tarkib. Mengingat bahwa Qira’ah dan Tarkib merupakan komponen dasar dalam pembelajaran bahasa Arab, diperlukan perhatian dan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kedua materi tersebut. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dipilih sebagai strategi untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi Qira’ah dan Tarkib. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kedua materi tersebut sekaligus mengukur efektivitas model TPS dalam pembelajaran bahasa Arab. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada potensi model pembelajaran kooperatif dalam melatih siswa untuk berpikir, bekerja sama, dan menyampaikan hasil diskusi kelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen yang menggunakan pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, angket, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji t sampel berpasangan, dan uji N-Gain. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMP IT Sahabat Alam Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan populasi sebagai sampel karena jumlah siswa yang cukup kecil dan terfokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model TPS, hasil belajar siswa pada materi membaca berada pada kategori "sedang," dengan rata-rata nilai 42,57, nilai terendah 40, dan nilai tertinggi 75. Sementara itu, pada materi tarkib, rata-rata nilai berada pada kategori "sedang" dengan rata-rata 53,06, nilai terendah 35, dan nilai tertinggi 70. Setelah penerapan model TPS, hasil belajar siswa meningkat secara signifikan. Pada materi membaca, rata-rata nilai meningkat menjadi 77,74 (kategori "baik"), sedangkan pada materi tarkib, rata-rata nilai meningkat menjadi 70,65 (kategori "baik"). Efektivitas model TPS diukur menggunakan nilai N-Gain. Pada materi membaca, N-Gain sebesar 0,53 menunjukkan peningkatan dengan kategori "sedang." Sementara itu, pada materi tarkib, N-Gain sebesar 0,82 menunjukkan peningkatan dengan kategori "tinggi." Hasil ini menunjukkan bahwa model TPS lebih efektif pada materi tarkib dibandingkan dengan materi membaca. Dengan demikian, model TPS terbukti sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi tarkib. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model TPS sebagai strategi pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif; Think Pair Share; Tarkib, Qira’ah
Subjects: Arabic
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education > General Publications of Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Hafsari Nurul Fajri
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:54
Last Modified: 15 Dec 2025 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126336

Actions (login required)

View Item View Item