Rohman, A.Fathur (2023) Penggunaan metode Qawa’id Wa Tarjamah dengan bantuan Kamus Bahasa Arab berbasis Mobile dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam keterampilan membaca. Mayoritas siswa tidak dapat memahami makna kosa kata dengan baik saat guru memberikan latihan-latihan soal melalui pemahaman teks bacaan. Mereka mengalami kesulitan karena tidak memahami makna kosa kata serta pemahaman gramatikal yang kurang. Selain itu kurangnya penggunaan metode yang tepat dan kolaborasi dengan teknologi baru oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut. Keterampilan membaca merupakan ketarampilan yang penting dalam memperluas wawasan keilmuan dan pengetahuan seseorang. Sehingga membutuhkan kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode qawa’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca menggunakan metode qawa’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile. Penelitian ini bersandar pada kerangka berfikir bahwa pembelajaran keterampilan membaca ini memiliki peranan penting dalam memperoleh wawasan tentang bahasa Arab dan aplikasinya dalam kehidupan sehari hari. Penggunaan metode qawa’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile ini diduga kuat dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain quasi exsperimental nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan studi pustaka. Peneliti juga menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t berpasangan, dan uji N-Gain dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Keterampilan membaca siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya sebelum menggunakan metode qawa’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile berada pada level rendah sekali, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 48,62. 2) Keterampilan membaca siswa kelas XI MAN 4 Tasikmalaya sebelum menggunakan metode qawa’id wa tarjamah dengan bantuan kamus Bahasa Arab berbasis mobile berada pada level sangat baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 82,46. 3) Penggunaan metode qawa’id wa tarjamah dengan bantuan kamus bahasa Arab berbasis mobile terdapat peningkatan yang sedang dan positif dalam keterampilan membaca siswa sebesar 0,6550 atau 65,50%, artinya penggunaan metode ini dapat meningkatkan keterampilan membaca.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kamus Bahasa Arab Berbasis Mobile; Keterampilan Membaca; Metode Qowaid wa Tarjamah |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | A Fathur Rohman |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:14 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77828 |
Actions (login required)
View Item |