Fauziah, Anis Syifa (2024) Strategi pemberdayaan mahasiswa melalui usaha Bakery and Cookies (BnC) dalam membangun ekonomi mandiri: Studi kasus mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
Abstract
Ekonomi merupakan hal yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat. Ekonomi menjadi kebutuhan yang paling utama dalam kehidupan individu, kelompok, serta masyarakat dalam kehidupan sosial. Pemenuhan kebutuhan ekonomi mahasiswa pun menjadi fokus utama yang perlu dilakukan agar mahasiswa menjadi mandiri dan mampu bangkit menjadi kaum yang kuat secara pemenuhan ekonomi. Pemberdayaan ekonomi mahasiswa adalah langkah yang mampu membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan dalam kewirausahaan untuk membangun ekonomi mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses perencanaan usaha BnC Cookies Bandung, pelaksanaan pemasaran BnC Cookies Bandung, dan Hasil BnC Cookies Bandung dalam membangun ekonomi mandiri mahasiswa UIN Bandung. Landasan pemikiran penelitian yang digunakan adalah teori strategi oleh Craig and Grant yang mendefinisikan sebagai suatu proses untuk menetapkan sebuah sasaran atau tujuan jangka panjang yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Landasan pemikiran penelitian ini juga menggunakan teori perencanaan yang mengungkapkan bahwa perencanaan merupakan proses yang digunakan untuk menentukan tujuan atau sasaran oleh suatu perusahaan yang kemudian menyajikannya dalam bentuk program. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu perencanaan Usaha BnC Cookies Bandung adalah dengan memperhatikan tujuan dan sasaran yang akan dicapai untuk membangun ekonomi mandiri mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, dengan menyiapkan sumber daya yang terampil dan baik. Pelaksanaan pemasaran oleh BnC telah memberikan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan dalam berwirausaha bagi Mahasiswa dengan memberikan training untuk proses pemberdayaan ekonomi mahasiswa. Hasil BnC dalam proses pemaasaran telah memberikan pengalaman, keterampilan, pengetahuan dalam bentuk pelatihan yang diberikan oleh BnC telah mampu memberikan manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa UIN Bandung sebagai modal untuk berwirausaha sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai seorang mahasiswa dan untuk kebutuhan sehari-harinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi; pemberdayaan; mahasiswa; ekonomi mandiri |
Subjects: | Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth Business > Education, Research, Related Topics of Business General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Anis Syifa Fauziah |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:12 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87547 |
Actions (login required)
View Item |