Husnan, Shafira Mutia Ramadhanti (2023) Marketing Public Realtions makanan Tradisional : Analisis deskriptif pada usaha Burayot Simadu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (2).pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 (2).pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
Abstract
Burayot Simadu merupakan salah satu makanan tradisional dari Kota Garut. Dengan menggunakan Marketing Public Relations, koneksnya menjadi berbeda. Tidak hannya merujuk pada target penjualan, Burayot Simadu juga memperioritaskan dalam upaya komunikasi pemasaran yang mengedepankan pembangunan hubungan yang baik, sejalan dengan keuntungan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi tarik (pull strategy) dalam menarik minat konsumen, dengan strategi dorong (push strategy) yang mendorong kesuksesan pemasaran, serta menggunakan strategi lewat (pass strategy) untuk memberikan opini yang menguntungkan. Metode yang ditgunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, yang mengadopsi paradigma konstruktivisme. Teknik yang digunakan meliputi pengumpulan data, observasi partisipatori pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam upaya memperkenalkan dan mempertahankan brand lokal serta meningkatkan keberhasilan pemasaran, Burayot Simadu melalukan upaya menarik perhatian konsumen (pull strategy) yaitu melalui kemasan yang menarik dan beragam, legalitas usaha yang lengkap, promo menarik, live streaming, media promosi yang meliputi media sosial Instagram, Tiktok dan market place Shoope. Upaya mendorong minat beli konsumen (Push strategy) dilakukan dengan cara konseisten dalam melakukan konten, menggoreng secara “dadakan”, memberikan tester, banyaknya titik distribusi (Outlet) dan keikut sertaan dalam berbagai event. Point terakhir ialah membangun opini publik yang menguntungkan (Pass strategy) dilakukan dengan cara kegiatan sponsorship, program kemanusiaan, program Jum'at berkah, bekerja sama dengan Disperindag dan menekankan sikap ramah kepada para pegawai dan bekerja sama dengan angkutan umum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations; Burayot Simadu; Pull; Push; Pass |
Subjects: | Business > Education, Research, Related Topics of Business General Management > Marketing, Management of Distribution General Management > Education an, of Marketing General Management > Sales Management General Management > Sales Promotion General Management > Market Research, Market Analysis General Management > Historical, Geographic Treatment of Market Research General Management > Marketing Distribution |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Shafira Mutia Ramadhanti Husnan |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:28 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72681 |
Actions (login required)
View Item |