Dirgantini, Febianna (2025) Pengaruh Flash Sale Promotion dan Live Streaming Shopping terhadap Impulsive Buying Behvaior pengguna Marketplace Shopee: Penelitian pada mahasiswa program studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Flash Sale Promotion dan Live Streaming Shopping terhadap Impulsive Buying Behavior Pengguna Marketplace Shopee di kalangan Mahasiswa Program Studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling, dan jumlah responden sebanyak 92 orang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif statistik, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji T (parsial), uji F (simultan), serta analisis koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Flash Sale Promotion berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior. Nilai signifikansi untuk variabel ini adalah <0,001 dengan nilai t hitung sebesar 8,402 > t tabel 1,990. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa Flash Sale Promotion berpengaruh positif terhadap Impulsive Buying Behavior dapat diterima. Temuan ini menegaskan bahwa semakin kuat elemen promosi flash sale—seperti besarnya diskon, frekuensi promosi, durasi terbatas, ketersediaan produk, dan daya tarik promosi—maka semakin besar kecenderungan mahasiswa pengguna Shopee untuk melakukan pembelian secara impulsif. Flash sale terbukti menjadi pemicu penting yang mendorong konsumen dalam membuat keputusan pembelian cepat tanpa pertimbangan atau perencanaan sebelumnya. Selanjutnya, hasil uji parsial untuk Live Streaming Shopping juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior. Nilai signifikansi variabel ini adalah <0,001 dengan nilai t hitung sebesar 4,418 > t tabel 1,990, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Live Streaming Shopping berpengaruh positif dapat diterima. Hal ini berarti bahwa semakin aktif dan menarik aktivitas live streaming—meliputi interaksi dua arah, promosi eksklusif, serta penjelasan produk yang informatif—maka semakin besar pula kecenderungan mahasiswa untuk melakukan pembelian impulsif. Fitur live streaming terbukti mampu menciptakan daya tarik konsumen, meningkatkan rasa percaya terhadap produk, sekaligus mendorong keputusan pembelian cepat yang bersifat spontan. Secara simultan, Flash Sale Promotion dan Live Streaming Shopping juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior. Nilai F hitung sebesar 140,448 > F tabel 3,10 dengan signifikansi <0,001, serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,754 atau 75,4%. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel mampu menjelaskan variabel Impulsive Buying Behavior, sedangkan sisanya 24,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Temuan ini sejalan dengan teori consumer behavior yang menekankan bahwa faktor psikologis seperti emosi, motivasi, persepsi, dan situasional sangat memengaruhi keputusan pembelian. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa strategi pemasaran berbasis urgensi melalui flash sale dan interaktivitas melalui live streaming merupakan faktor penting yang mendorong terjadinya pembelian impulsif pada mahasiswa pengguna marketplace Shopee.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flash Sale Promotion; Live Streaming Shopping; Impulsive Buying Behavior; Marketplace Shopee; Digital Marketing; Digital Consumer Behavior; |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia General Management > Management Product Analysis General Management > Marketing, Management of Distribution General Management > General Publications of Marketing General Management > Education an, of Marketing General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Febianna Dirgantini |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:53 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |