Handayani, Meli Pitri (2022) Analisis etika bisnis Islam di PT. Yukbisnis Indonesia : Studi kasus PT. Yukbisnis Indonesia Kab. Bandung Barat, Kota Baru Parahyangan. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan kegiatan utama bagi sebuah perusahaan atau sebuah bisnis, untuk mencapai target pasar yang seuai, sehingga perusahaan atau pembisnis bisa menjual produknya dengan maksimal kepada masyarakat dan menghasilkan keutungan yang maksimal. Namun strategi pemasaran memiliki hal-hal yang tidak di anjurkan oleh Al-Qur’an, maka sebuah perusahaan atau seseorang pembisnis sangat penting untuk memperhatikan Etika Bisnis Islam terhadap setiap aktivitas bisnisnya. Karena Etika Bisnis Islam merupakan acuan tentang seperangkat nilai baik dan buruknya, sesuai dengan prinsip-prinsip Bisnis Islam. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Yukbisnis Indonesia, mulai dari menentukan harga sampai cara mempromosikan produk yang di analisis dalam etika bisnis Islam. Konsep dan teori pada penelitian ini terbagi kebeberapa konsep bisnis, yaitu strategi pemasaran yang di dalamnya berisikan unsur strategi pemasaran yaitu unsur (STP) segmentation, targeting, positioning dan unsur taktik pemasaran yaitu diferensiasi dan marketing mix dan etika pemasaran dalam Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, jenis dan sumber datanya yaitu primer dan skunder, tekhnik pengumpulan datanya observasi berperan serta dan wawancara sedangkan tekhnik analisis datanya yaitu reduksi data dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Strategi pemasaran ini menggunakan 2 cara yaitu unsur strategi (STP), Segmentasi, Targeting, Positioning dan yang kedua yaitu taktik pemasaran yaitu diferensiasi dan marketing mix. Penerapan strategi pemasara dalam Etika Bisnis Islam terhadap pemasaran PT. Yukbisnis yaitu: Kesatuan (Unity) yaitu memberikan sikap ramah kepada konsumen dan telaten ketika membantu konsumen/merchant ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan produk jasa Yukbisnis. Keseimbangan (equiblirium), karyawan Yukbisnsi memiliki sikap jujur ketika menawarkan produk-produk yukbisnis. Kehendak bebas (free well) meskipun dalam berbisnis itu memiliki kebebasan untuk mempromosikan produk dan mendapatkan konsumen yukbisnis menjauhi hal-hal yang di larang salah satunya menjelek-jelekan produk yang lain dan eksploitas wanita, menggunakan konten-konten keindahan wanita untuk mendapatkan viwers yang banyak. Prinsip tanggung jawab (responsibility) Yukbisnis akan menggantikan dengan produk yang baru ketika ada yang cacat di produknya. Prinsip kebenaran (equblirium).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Etika Bisnis Islam |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Econmics > Data Processing and Analysis of Economic General Management > Marketing, Management of Distribution General Management > Data Processing and Analysis of Marketing General Management > Education an, of Marketing General Management > Market Research, Market Analysis General Management > Market Research in Indonesia General Management > Marketing Distribution |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Meli Pitri Handayani |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 02:14 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57124 |
Actions (login required)
View Item |